Rabu, 07 Maret 2012

Uniknya Sarang Lebah

Masih ingat dengan serangga yang satu ini kan??

sip! serangga ini adalah lebah, tapi wujud aslinya gak kayak gitu lah, itu hanya animasi saja yang membuat "seakan" lebah itu "imut" ' "lucu" , dan tentunya "alaaaayyy".

Serangga ini identik dengan warna tubuhnya yang hitam-kuning (ada juga jenis yang warnanya hitam semua), "pedangnya" tajamnya yang ada di bagian belakang badannya, of course madunya yang manis dan punya banyak khasiat, dan bentuk sarangnya yang unik yang berupa ruang-ruangan kecil berbentuk segi enam beraturan.
Dalam Al-Qur'an pun ada ayat yang mengungkapkan tentang madu


(Surah An-Nahl: 69). Tafsirnya: "Kemudian makanlah daripada setiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan. Daripada perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat ubat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan."

Ternyata selain madunya yang membawa banyak khasiat, bentuk sarangnya yang unik mengundang perhatian banyak orang untuk menelitinya. Kenapa harus segi enam? kenapa gak bulat, segitiga, segi empat, oval, atau bentuk-bentuk geometri yang lain??
Banyak ilmuwan yang sudah meneliti hal ini, bahkan orang yang ilmu matematika nya tidak begitu tinggi pun bisa menemukan alasannya. Cobalah anda hitung luas dari bentuk geometri yang memiliki keliling yang sama berikut ::
Segitiga

Segi Empat
Segi Enam

Jika anda hitung maka dari ketiga bentuk geometri tersebut segienam lah yang memiliki luas paling besar dengan keliling yang sama. Bagaimana jika dibandingkan dengan segi tujuh, segi delapan, dan lingkaran ?? Dengan keliling yang sama, kita akan dapatkan bahwa semakin banyak seginya maka semakin besar pula luasnya yang pada akhirnya lingkaran lah yang memiliki luas yang paling besar. 
Kenapa tidak lingkaran??
Karena jika lingkaran-lingkaran identik kita rapatkan maka akan ada ruangan kosong di antara lingkaran-lingkaran tersebut. Berbeda dengan segi enam, jika kita rapatkan maka tidak ada ruangan kosong di antara semua segi enam tersebut.
Hal ini memungkinkan sarang lebah menapung madu yang lebih banyak dengan bahan pembuat sarang yang lebih sedikit.. nah paham kan teman-teman..

Selain itu yang juga mengejutkan saya adalah ternyata lebah-lebah ini membuat sarangnya bukan dari tengah kemudian ke samping, melainkan lebih dari satu lebah menyusun sarang dari samping dan akhirnya bertemu di tengah. Sebuah koordinasi yang sangat mengejutkan, semua ini mereka lakukan dengan insting yang diberikan oleh Allah SWT , Allahu Akbar!!

Nah itu saja ya teman-teman, semoga bisa bermanfaat :)

"Indahnya Berbagi Ilmu"

0 komentar:

Posting Komentar