Selasa, 31 Januari 2012

Masjid di Bawah Jalan Layang Jakarta


Liburan semester 1 ini saya sempatkan untuk jalan-jalan ke Ibu Kota Jakarta, saya sengaja ke sana karena banyak tema-teman sekolah saya sewaktu SMA yang kuliah di Jakarta. Saya lima hari di sana dan di hari ke empat saya menyempatkan diri berkunjung ke tempat teman saya yang namanya Ahmad dan Lili di daerah LIPI tepatnya di samping Gedung BCA yang ini nih..

Ceritanya disingkat aja yah :)) .. nah di tempat mereka kami seru-seruan, ketawa-ketawa, yah namanya juga reunian pasti kayak gitu , secara udah 6 bulan gak ketemu .. udah nih,,selesai mi acara reuniannya, teman saya yang namanya ahmad berbaik hati mau traktir kita makan ketoprak, lumayalah untuk janggal perut yang lapar..pas selesai mi kita makan kita cerita-cerita dulu, nah akhirnya kita baru ingat kalau kita belum ada yang Shalat Ashar.. Akhirnya ahmad da bawa kita ke Mushallah yang tidak jauh dari tempat maka ketoprak tadi.

Saya sempat kaget, heran, tidak percaya, geleng-geleng kepala, angguk-angguk, dan ditutup dengan SUBHANALLAH...tempat kami shalat Ashar adalah di bawah jalan layang di daerahh LIPI Jakarta (sa lupa mi Jakarta apa namanya) ..

Teman-teman mungkin bisa melihat bahwa atap Masjid itu adalah bagian bawah dari Jalan Layang dan dindingnya adalah tiang penyangga jalan layangnya..kalau orang yang melintas di jalan yang ada di sampingnya mungkin jarang ada yang mengetahui kalau di bawah jalan layang itu ada Masjid karena memang di sampingnya ditutupi dengan tumbuhan-tumbuhan ..


Saya salut dengan para warga yang berinisiatif untuk membangun tempat Shalat meskipun dengan keterbatasan lahan, bahkan meskipun tidak ada lahan kosong, mereka memanfaatkan lahan di bawah jalan layang, belum pernah terbayangkan di benak saya sebelumnya kalau hal ini terjadi, SUBHANALLAH :) Itu semua demi menjaga ibadah shalat warga sekitar ataupun orang yang singgah sesaat. 
Inilah yang sampai sekarang menjadi masalah yag sangat nampak di Jakarta, 'Keterbatasan Lahan' .. jadi pikir-pikir dulu kalau mau menguji nasib di Jakarta, kalau sudah punya skill dan kemampuan silahkan, kalau belum siap dan tidak punya kemampuan ..perlu dipertimbangkan lagi :)) 
Berikut saya tampilkan beberapa foto yang sempat saya ambil di masjid tersebut..
 





0 komentar:

Posting Komentar