Selasa, 30 Agustus 2011

Tim Olimpiade Matematika Indonesia, Raih Dua Perak dan Empat Perunggu



Para Juara IMO 2011Senin (25/08), Tim Olimpiade Matematika Indonesia tiba di Jakarta usai berlaga dalam ajang International Mathematics Olympiad (IMO) ke-52 yang berlangsung di Amsterdam Belanda, 12-24 Juli 2011. Tim Indonesia sukses membawa pulang dua medali perak dan empat perunggu dengan persaingan ketat melawan 564 peserta dari 101 negara. Kedatangan tim IMO Indonesia disambut dengan pengalungan bunga oleh Kasi Peserta Didik, Suharlan SH, MM di terminal kedatangan 2E, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Tim Indonesia terdiri dari enam peserta, yaitu Johan Gunardi, Stefanus, Tobi Moektijono, Ivan Wangsa Cipta Lingga,  Pramudya Ananto, dan Ahmad Zaky . 
Dua medali perak diraih oleh :
  • Ivan Wangsa Cipta Lingga (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), dan 
  • Johan Gunardi (SMAK 5 BPK Penabur Jakarta)
Empat perunggu diraih oleh :
  • Tobi Moektijono (SMA IPEKA International Christian School Jakarta)
  • Stefanus (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta)
  • Pramudya Ananto (SMA Taruna Nusantara Magelang), dan 
  • Ahmad Zaky (SMAN 8 Jakarta) .
Keberangkatan peserta ke Belanda didampingi oleh Hery Susanto (Universitas Negeri Malang) sebagai leader dan Yudi Satria (Universitas Indonesia) sebagai deputy leader, serta Ahaji Akbar Bachtiar (Universitas Indonesia) sebagai observer.
Hery Susanto menerangkan, secara keseluruhan hasil yang diraih tim Indonesia tahun ini cukup baik. Indonesia berada pada rangking ke-29 (bersama dengan Selandia Baru) dengan total nilai 114. Hasil ini lebih baik dari Vietnam, Perancis, Austria, Kazakhstan, Yunani, Malaysia, Portugal, Spanyol, Argentina, Filipina, dan beberapa negara dengan tradisi olimpiade yang sudah cukup kuat. Lima negara di urutan teratas adalah Cina (total nilai 189), Amerika (total nilai 184), Singapura (179), Rusia (total nilai 161), dan Thailand (total nilai 160). Sedangkan untuk negara-negara ASEAN, Singapura berada pada urutan 3, Thailand urutan 5, Indonesia urutan 29, Vietnam urutan 31, Malaysia urutan 41, dan Philipina pada urutan ke-54.

0 komentar:

Posting Komentar